Tips mendapatkan persetujuan kredit kepemilikan mobil (KKB)

 

Tips mendapatkan persetujuan kredit kepemilikan mobil (KKB)

 

Ditengah situasi pandemic Covid-19, masyarakat cenderung menghindari bepergian dengan menggunakan kendaraan umum terutama bila bepergian bersama keluarga. Keberadaan mobil sangat membantu dan menjadi pilihan utama.  Akan tetapi, mobil merupakan suatu asset yang tidaklah murah.

Untuk memiliki mobil, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu pembelian secara tunai dan pembelian secara kredit. Secara hitung-hitungan, membeli mobil secara tunai pasti akan lebih murah daripada kredit karena tidak adanya beban bunga. Namun, di sisi lain, pembelian secara tunai akan mengurangi tabungan yang ada yang mungkin bisa dipakai dalam keadaan darurat.

Untuk menjembatani hal tersebut, pembelian mobil melalui kredit merupakan alternatif terbaik. Kelebihan membeli mobil secara kredit antara lain bisa menghindari masalah kekurangan kas maupun tabungan saat darurat, dan dapat memenuhi kebutuhan atas alat transportasi. Hanya saja perlu diingat, jangan asal mengajukan kredit kepemilikan mobil kepada perbankan maupun perusahaan pembiayaan. Ada hal – hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan persetujuan kredit kepemilikan mobil dan mendapatkan jasa pembiayaan yang cocok.

Berikut adalah panduan yang dapat membantu dalam pengajuan kredit kepemilikan mobil sekaligus menjaga supaya keuangan tetap aman.

  1. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan yang ada. Biasanya cicilan tiap bulan tidak melebihi sepertiga dari penghasilan keluarga, termasuk pasangan yang ikut bekerja/ berpenghasilan.
  2. Membandingkan harga mobil dan survey ke beberapa dealer, upayakan beli pada saat ada event tertentu atau promo khusus, karena biasanya ada penwaran yang menarik.
  3. Pilihlah perusahaan pembiayaan yang bonafid dan memiliki layanan yang baik
  4. Hitung secara teliti semua biaya yang dibutuhkan, dari uang muka, biaya administrasi, biaya provisi, biaya asuransi, jumlah cicilan dan tenor kredit. Jangan pernah tergoda dengan uang muka rendah karena menjadi beban di cicilan bulanan.
  5. Perhatikan syarat dan ketentuan dari perusahaan pembiayaan termasuk dokumen – dokumen yang perlu dilengkapi dalam proses pengajuan kredit antara lain. Pastikan semua dokumen tersebut sudah dipersiapkan dari awal untuk mempercepat proses persetujuan kredit.
  6. Setelah mendapatkan kredit, rawatlah mobil dengan baik dengan menjadwalkan servis secara berkala mulai dari penggantian oli, cek kopling, gas, dan rem hingga melakukan penggantian spare partying sudah aus.

 

Semoga panduan diatas, bisa membuat kamu dapat memiliki mobil impian sesuai dengan kondisi keuangan yang ada.